Search This Blog

Ikan Mematikan Konsumsi Orang Jepang

Ikan Fugu

Di Indonesia makanan ini memang tidak terlalu dikenal di Indonesia, kecuali di restoran Jepang. Negara matahari terbit ini memang pemakan ikan segar terbesar. Namun mengkonsumsi fugu tidak bisa sembarangan karena ikan ini ternyata sangat beracun. Ada beberapa kasus kematian karena mengkonsumsi ikan ini secara salah. Hati ikan ini sangat beracun.

Karenanya di Jepang, tukang masak fugu di restoran harus memiliki lisensi khusus. Mereka harus kursus selama 2-3 tahun untuk bisa memperoleh sertifikat. Untuk bisa lulus, mereka bukan hanya diuji praktek tapi juga mengikuti ujian tertulis untuk mengetahui kemampuannya soal fugu. Setelah itu mendemonstrasikan cara memotong fugu dan mengolahnya.

KOKI MEMPERSIAPKAN FUGU MENJADI SASHIMI
Banyak yang tak lulus karena memang materi ujian sangat berat. Mungkin karena risiko yg ditanggung pun berat, makanya tidak gampang orang memperoleh sertifikat itu. Hanya daging fugu yang bisa dikonsumsi, selain itu bagian lain memiliki kandungan racun yang tinggi.
Karenanya memotong fugu pun harus hati-hati, jgan sampai bagian lain ikut terpotong/pecah sehingga mencemari daging. Di Jepang, fugu adalah satu-satunya makanan resmi yang tak boleh dikonsumsi kaisar dengan alasan keamanan.
SHARE

TATSQIF on LINE

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: