Search This Blog

10 Tanda Anda Kecanduan Gedget

//Kehadiran smartphone memang amat membantu kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari membuat catatan, memeriksa dan membalas email penting, hingga browsing dan bermain game bisa dilakukan hanya dengan mengoperasikan gadget satu ini

Namun di sini lain, smartphone juga bisa memberikan dampak negatif pada diri kita. Ragam fungsi yang ada di dalamnya seringkali membuat kita lebih senang menyibukkan diri memandangi layar sentuh, ketimbang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Jika sudah begitu, tak sedikit orang yang lantas mengatakan bahwa kita termasuk orang yang kecanduan smartphone.

Apakah kamu termasuk orang yang demikian? Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu daftar 10 tanda kamu sudah kecanduan smartphone.

1. Kiamat

Orang yang kecanduan smartphone sudah merasa bahwa ponsel yang ia miliki adalah bagian dari dirinya. Hampir seluruh aktivitas dalam kehidupannya tidak lengkap jika belum meng-update kabar terbaru lewat media sosial, melihat informasi anyar dengan browsing di Internet, atau memainkan game petualangan yang sedang populer.

Itulah sebabnya jika satu saat ponsel yang ia punya tertinggal atau hilang, orang tersebut akan merasa dunia sudah berakhir. Hidupnya seperti hampa dan tidak memiliki tujuan lagi.

2. Pagi & malam lihat ponsel

Pagi hari begitu membuka mata dan bangkit dari tempat tidur, benda yang pertama kamu cari adalah smartphone. Kamu tidak sabar lagi untuk melihat apakah ada teman atau relasi yang mencoba menghubungi ketika kamu sedang tidur atau melihat informasi terbaru mengenai peristiwa menarik yang terjadi di seluruh dunia.

Hal yang sama juga kamu lakukan malam menjelang tidur. Rasanya kurang mantap jika tidak menyempatkan diri mengutak-atik smartphone sebelum memejamkan mata. Jika memang sudah demikian, maka bisa jadi kamu memang termasuk gologan orang yang sudah ketagihan smarpthone.

3. Langganan dapat teguran

Saking menariknya fitur yang ada di dalam smartphone, kamu sampai tidak terlalu perhatian dengan lingkungan sekitar. Hal ini sering terjadi, bahkan di acara-acara penting seperti kumpul bersama keluarga besar atau pertemuan dengan rekan sekantor. Kamu lantas mendapatkan peringatan dari orang lain untuk mematikan atau menyimpan smartphone barang sejenak.

4. Siaga smartphone

Dirimu selalu siaga setiap kali ada notifikasi anyar yang masuk ke smartphone. Untuk menghindari suara bising yang menggangu orang lain, kamu lantas menggunakan mode getar, namun hal tersebut sama sekali tidak mengurangi reaksimu ketika ada pesan yang baru muncul. Bahkan saking siaganya, kamu seringkali merasa smartphone-mu baru saja berbunyi dan bergetar, sebelum akhirnya merasa kecewa usai melihat layar karena itu tak lebih dari sugestimu saja.

5. Digunakan sebagai pelarian

Smartphone ternyata juga tidak hanya memiliki fungsi yang canggih lewat hardware dan software yang ada di dalamnya. Namun dalam situasi tertentu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuatmu terlihat sibuk atau menghindar dari orang lain. Hal ini memang sering dilakukan oleh orang yang sudah kecanduan smartphone dan tengah berada di tempat umum. Mereka terlihat sibuk dengan layar kecil di hadapan mereka, meski sebenarnya hanya sedang memilih ringtone! Next page.. 
Halaman : 1 | 2

SHARE

TATSQIF on LINE

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: