Search This Blog

Mendahului Para Syuhada Masuk Syurga



Dengan ketaatan, Anda bersaing dengan orang yang mati syahid dalam kedudukan dan ada kemungkinan Anda mengalahkannya. Diriwayatkan dari Thalhah bin Ubaidillah radhiyallahu anhu bahwa ada dua orang dari Bani Qadhaah datang kepada Rasulullah saw, keduanya masuk Islam secara bersamaan. Salah seorang dari keduanya sangat tekun dan sungguhsungguh beribadah dibandingkan yang satunya. Keduanya berangkat perang di jalan Allah, kemudian seorang yang tekun dan sungguh sungguh gugur syahid. Sedangkan yang satunya tetap hidup setelahnya selama setahun, baru kemudian meninggal. 

Thalhah mengatakan, Aku bermimpi berada di pintu surga dan tiba-tiba bertemu dengan keduanya. Pemuda yang meninggal belakangan dipersilakan lebih dahulu untuk masuk surga. Tidak lama kemudian barulah diizinkan kepada yang mati syahid (yang meninggal lebih dahulu) untuk masuk. Setelah itu ia berkata padaku, Pulanglah kamu belum waktunya. Paginya, Thalhah menceritakan apa yang dilihat dalam mimpinya kepada orangorang. Mereka heran, bagaimana orang yang meninggal biasa bisa mendahului orang yang mati syahid untuk masuk surga. Berita itu akhirnya sampai kepada Rasulullah SAW. 

Mereka bertanya, Wahai Rasulullah saw , orang ini lebih tekun dan sungguh-sungguh dibandingkan temannya yang mati syahid. Kenapa temannya masuk surga lebih dulu dari yang mati syahid? Rasulullah SAW menjawab, Bukankah setelah itu dia hidup selama satu tahun? Mereka menjawab, Betul. Rasulullah SAW bersabda, Dia menjumpai Ramadhan, dia berpuasa dan shalat demikian dan demikian dalam setahun? Mereka menjawab, Betul. Rasulullah SAW bersabda, Maka jarak antara keduanya lebih jauh (dibandingkan jarak) antara langit dan bumi. (Hadits Shahih diriwayatkan oleh Ibnu Majah)

Silahkan Anda membayangkan diri Anda di dalam surga sedangkan Anda dalam posisi (seperti) orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shaleh. Itu setelah Anda berpuasa Ramadhan dengan puasa yang benar karena iman dan penuh harap serta merebut kebaikan-kebaikan yang ada di bulan Ramadhan. Maka timbangan (kebaikan) Anda menjadi berat dan derajat Anda di surga menjadi tinggi. Anda berada di samping Nabi,shahabat dan orang yang mati syahid. Dan mereka adalah sebaik-baik teman. (QS. An Nisa: 69)
SHARE

TATSQIF on LINE

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: